Bussiness System Options

December 12, 2008

Beberapa Pilihan Solusi yang ditawarkan:
1. Manual, dilengkapi printing transaksi (stand alone, resepsionis)
     a. Estimasi Biaya Rp. 8 jt.
          – Komputer resepsionis + Printer = 6 jt.
          – Software = 1 jt.
          – Training + instalasi = 300rb.
     b. Impact:
          – Transaksi lebih mudah dilaksanakan dan lebih cepat.
          – Semua transaksi dapat dengan mudah dilihat report nya.
          – Pembukuan menjadi lebih teroganisir.
     c. Estimasi waktu: 2 minggu

2. Manual, dilengkapi printing transaksi dan barcode scanner (stand alone, resepsionis)
     a. Estimasi Biaya Rp. 9 jt.
          – Komputer resepsionis + Printer = 6 jt.
          – Software = 1 jt.
          – Barcode scanner = 1 jt.
          – Training + instalasi = 300rb.
     b. Impact:
          – Transaksi lebih mudah dilaksanakan dan lebih cepat .
          – Transaksi menjadi lebih presisi.
          – Semua transaksi dapat dengan mudah dilihat report nya.
          – Pembukuan menjadi lebih teroganisir.
     c. Estimasi waktu: 3 minggu

3. Local Area Network (desktop)
     a. Estimasi Biaya Rp. 32 jt.
          – Komputer klien+Printer+barcode scanner = 8 jt x 2 buah = Rp 16 jt.
          – Komputer Server = 5 jt.
          – Software = 10 jt.
          – Training + instalasi = 300rb.
     b. Impact:
          – Proses manajemen inventori dapat dilakukan tanpa mengganggu
             transaksi penjualan.
          – Karena menggunakan dua komputer resepsionis, 2 transaksi
             penjualan dapat dilakukan secara bersamaan.
     c. Estimasi Waktu: 3 bulan

4. Local Area Network (web base)
     a. Estimasi Biaya Rp. 23 jt.
          – Komputer resepsionis + Printer + barcode scanner
             = 8 jt x 2 buah = Rp 16 jt.
          – Komputer Server = 5 jt.
          – Software = 1 jt.
          – Training + instalasi = 300rb.
     b. Impact:
          – Proses manajemen inventori dapat dilakukan
             tanpa mengganggu transaksi penjualan.
          – Karena menggunakan dua komputer resepsionis, 2 transaksi
             penjualan dapat dilakukan secara bersamaan.
          – Biaya bisa lebih ditekan bila dibandingkan
             dengan menggunakan software desktop.
     c. Estimasi Waktu: 2 bulan

5. Online (Full Web Base)
     a. Estimasi Biaya Rp. 60 jt.
          – Komputer resepsionis + Printer + barcode scanner
             = 8 jt x 2 buah = Rp 16 jt.
          – Komputer Server = 40 jt.
          – Software = 3 jt.
          – Training + instalasi = 300rb.
     b. Impact:
          – Bila sebuah grup apotek menggunakan pilihan ini, biaya penggunaan
             server pada tiap-tiap apotek dapat ditekan.
     c. Estimasi Waktu: 6 bulan

Solusi yang diambil:
Dari beberapa pilihan di atas, pilihan solusi yang diambil adalah pilihan nomer 2, dengan alasan bahwa apotek ini masih relatif kecil, jumlah inventori yang akan ditangani tidak terlalu besar, serta jumlah transaksi keuangan yang ditangani juga masih terbatas.
Namun demikian, pada pilihan nomer 2 terdapat opsi penambahan penggunaan barcode, yang akan sangat membantu dalam mempercepat proses segala transaksi yang terjadi, baik itu transaksi penjualan atau pembelian obat.
Hal lain yang menjadi pertimbangan adalah besarnya modal yang dimiliki oleh apotek masih dapat menjangkau biaya yang akan dikeluarkan apabila mengambil pilihan nomer 2.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: