Manajemen Inventori dan Point of Sales Apotek

December 9, 2008

Apotik adalah tempat orang membeli obat, baik yang diresepkan oleh dokter maupun tidak.

Karena banyaknya transaksi yang harus di handle, diperlukan manajemen terhadap inventori apotek dan juga transaksi penjualan obat (Point of Sales). Software yang dibangun merupakan software bantu yang dapat menangani segala transaksi yang berhubungan dengan kedua hal tersebut sehingga report tentang transaksi yang ada dapat dilaksanakan dengan cepat dan akurat.

Manajemen terhadap Inventori Apotek berhubungan dengan pengaturan ketersediaan obat. Manajemen ini melibatkan entitas luar yaitu Supplier obat. Apotek akan menerima katalog dari Supplier, apabila stock obat tinggal sedikit, maka akan dilakukan order obat kepada supplier dengan mengacu pada katalog yang ada.

Point of Sales adalah proses pencatatan segala transaksi keuangan yang melibatkan pembelian obat yang terjadi di kasir. Aktivitas ini ditangani oleh resepsionis yang melayani pembeli yang datang.

Pada aplikasi ini, akan ditambahkan menu reward terhadap dokter. Ketika seorang dokter menganjurkan pasiennya untuk membeli obat di apotek tersebut, dan kemudian sang pasien mengikuti anjuran dokter, aplikasi ini akan mencatat nama dokter dan kemudian pada saat tertentu, dokter tersebut mendapatkan reward dari apotek sebagai balas jasa dokter.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: